Analisis Produk Garnier

 

Foto dari : Bukareview

Garnier Limited adalah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Perusahaan Kosmetik Loreal.  Garnier adalah spesialis dalam produk perawatan rambut dan perawatan kulit dan memiliki banyak varian sampo dan kondisioner untuk pria dan wanita, termasuk produk pewarnaan dan penataan rambut.

 Salah satu keistimewaan produk Garnier adalah produk ini disesuaikan dengan kebutuhan perawatan rambut dan kulit dari berbagai budaya dan jenis kulit.  Garnier populer di banyak negara di seluruh dunia dan memiliki pangsa pasar yang tinggi di kawasan seperti India, Cina, Jepang, dan Amerika Serikat.  Garnier di bawah sub-merek Fructis menjual sampo penguat yang digunakan untuk memperkuat rambut.

Produk perawatan rambut juga memiliki berbagai gel dan krim penata rambut yang dapat mengurangi masalah seperti rambut kusut, kulit kepala kering, gatal, dan ketombe.  Produk perawatan kulit dan perawatan rambut perusahaan tersebut diyakini dikembangkan dari bahan dasar buah-buahan alami.  Garnier telah dipilih sebagai merek kepercayaan oleh banyak survei yang dilakukan oleh agensi terkemuka di seluruh dunia.  Garnier diperkirakan memiliki nilai 2,3 miliar.

Analisis SWOT: 

 
1. Strengths

Kekuatan didefinisikan sebagai apa yang paling baik dilakukan setiap bisnis dalam keseluruhan operasinya yang dapat memberikan keunggulan atas pesaingnya.  Berikut ini adalah kelebihan Garnier:

• Asosiasi dengan Loreal: Loreal adalah merek kosmetik yang sangat populer dan pemimpin pasar di banyak negara.  Fakta bahwa Garnier adalah bagian dari loreal membantunya mendapatkan kepercayaan langsung dari pelanggan dan meningkatkan kredibilitas mereka.

• Dukungan selebriti: Loreal dan subbrandnya telah didukung oleh selebriti terkemuka di seluruh dunia.  Beberapa pendukungnya termasuk Julia Roberts, Deepika Padukone, Liza Minnelli, Bipasha Basu dll.

• Pendekatan Berbasis Masalah: Garnier memposisikan setiap produknya sebagai solusi untuk masalah tertentu.  Karena itu, ia memiliki krim untuk menghilangkan jerawat, membersihkan kulit, kulit kering dan sampo untuk kulit kepala yang gatal, rambut rontok, ketombe, rambut keriting, dll. Penempatan ini telah membantu mereka membedakan setiap produk dari yang lain dan juga membuat segmen terpisah untuk masing-masing kategorinya.

• Jaringan Distribusi yang Luas: Dibandingkan dengan pesaingnya, Loreal memiliki jaringan distribusi yang lebih luas dan intensif.  Loreal juga memiliki skema insentif yang menguntungkan bagi mitranya yang membuat mereka lebih banyak mempromosikan produknya daripada pesaing.  Grup ini juga memiliki jaringan eksklusif melalui Body Shop.


2. Weakness 

Kelemahan digunakan untuk merujuk pada area di mana bisnis atau merek perlu ditingkatkan.  Beberapa kelemahan utama Garnier adalah:

•Terlalu banyak desentralisasi: Untuk memiliki akses ke lebih banyak pasar dan untuk cakupan yang lebih baik, Garnier menghormati mitranya.  Sebagian besar keputusan di pasar lokal diambil oleh mitra atau penerima waralaba yang beroperasi di pasar tersebut.  Hal ini menyebabkan desentralisasi yang berlebihan.
 Produk serupa: Kategori produk Garnier sangat mirip satu sama lain dan tidak banyak ruang untuk diferensiasi.  Meskipun perusahaan telah mencoba membuat perbedaan dengan menggunakan masalah, perbedaan tersebut sebagian besar tidak terlihat. Hal ini menyebabkan pelanggan menjadi bingung.

•Internasionalisasi: Dari strategi sebelumnya untuk menjadi lokal, Garnier sekarang telah memutuskan untuk menginternasionalkan semua produknya.  Dalam kategori tersebut, pihaknya berkaitan dengan kebutuhan untuk lebih peka terhadap berbagai kebutuhan jenis kulit dan rambut.

•Lebih cocok untuk budaya barat: Garnier dikaitkan dengan Loreal yang masih sangat Prancis dalam pendekatannya.  Hal ini membuat sub-mereknya juga memiliki pandangan yang sangat Barat.  Ini terbukti
 menjadi kelemahan ketika beroperasi di pasar Timur.


3. Opportunities


Peluang mengacu pada jalan di lingkungan yang mengelilingi bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keuntungannya.  Beberapa peluang termasuk:

• Meningkatnya pentingnya kecantikan: Meningkatnya paparan informasi telah membuat pelanggan lebih sadar tentang penampilan mereka. Mereka menjadi lebih sadar akan masalah kecantikan, penyebabnya, dan mencari solusi untuk setiap masalah.  Ini adalah peluang yang jelas untuk dieksploitasi oleh perusahaan kecantikan.

• Potensi Pertumbuhan: Ada pasar yang tumbuh untuk kecantikan dan pada tahun 2022 diperkirakan akan menyentuh angka 420 miliar USD.  CAGR berada pada 4,3% dan pertumbuhannya diharapkan lebih condong ke ekonomi berkembang yang berarti ada banyak peluang bagi perusahaan perawatan kecantikan.
 Meningkatnya kesadaran akan masalah kecantikan: Lewatlah sudah hari-hari ketika satu sampo dianggap dapat menyelesaikan semua masalah rambut atau satu krim semua masalah kulit Sekarang untuk setiap masalah, pelanggan menginginkan produk tertentu dan ini telah memperluas cakupan industri kecantikan.


4. Threats

Ancaman adalah faktor-faktor lingkungan yang dapat merugikan pertumbuhan bisnis.  Beberapa ancaman tersebut antara lain:

• Persaingan: Pesaing utama Garnier adalah Sunsilk, Pantene.  Kepala dan Bahu dan Burung Merpati.  Mereka juga menghadapi banyak persaingan dari perusahaan produk organik.
• Fokus pada kesehatan: Pelanggan sangat waspada terhadap komponen kimia sampo dan rangkaian perawatan kulit mereka.  Banyak yang sekarang pergi ke pengobatan alami dan lebih memilih produk ayurveda atau organik untuk masalah rambut dan kulit.  Ini bisa menjadi ancaman potensial.


Analisis STP:


1. Segmentasi Demografi 

Target pasar dari produk garnier ini sangatlah beragam, mereka menargetkan tergantung produk, jika produk seperti garnier man itu untuk laki-laki. Dan jika garnier biasa yang lain perawatan lebih di target pasarkan kepada perempuan remaja hingga orangtua.

Dan ini harganya sangat beragam dan rata-rata harga garnier cukup murah atau terjangkau oleh semua kalangan apalagi dikalangan pelajar atau mahasiswa yang pendapatannya masi bergantung kepada orangtua ini sangat cocok di kantung mereka.


2. Segmentasi Geografi 

     Produk garnier ini di jual ke semua pasaran, mau online ataupun ofline, produk ini semua tersedia dan lengkap. Dan sistem pembayarannya pun bisa online atau ofline, online seperti di transfer atau top up atau e-money. Dan jika pembayaran ofline seperti cash. 


3. Segmentasi Status Sosial 

Produk ini cocok digunakan oleh semua kalangan, tapi tidak disarankan untuk anak kecil di bawah 15tahun kebawah. 


4P:


1. Price

Strategi Harga / Penetapan Harga Garnier:

 Di bawah ini adalah strategi penetapan harga dalam strategi pemasaran Garnier:

Garnier menetapkan harga yang kompetitif terhadap merek saingannya.

 Basis strategi penetapan harga bauran pemasaran Garnier adalah penawaran persaingan, permintaan akan suatu produk dan jenis produk.  Karena merek telah mengembangkan berbagai produk, harga bervariasi dari produk ke produk yang melayani konsumennya yang memiliki status keuangan yang bervariasi.  Garnier mematok harga premium untuk produk high end yang ditargetkan untuk konsumen kelas menengah ke atas dan kelas atas yang membuat ceruk pasarnya untuk Garnier.  Ini juga memberikan diskon promosi musiman melalui penjualan online melalui interval reguler.  Ini membantu dalam penetrasi di seluruh pasar yang menghasilkan bisnis volume.

2. Product


Strategi Produk Garnier:

 Strategi produk dan bauran strategi pemasaran Garnier dapat dijelaskan sebagai berikut:

 Garnier terdiri dari tiga jenis produk yaitu perawatan kulit, perawatan rambut dan pewarna rambut.  Tetapi setelah itu mempertahankan posisinya di pasar, Garnier telah mengembangkan lebar produknya.  Garnier telah memperkaya lini produk perawatan kulit seperti Gentle, Pure Active.  Seluruh portofolio perlu ditutupi sebagai bagian dari strategi produk bauran pemasarannya.  Garnier menawarkan produknya tergantung pada kebutuhan demografis pelanggan yang mencakup produk untuk keadilan, pembersihan, anti-penuaan, pelembab, dll. Dalam perawatan rambut ia menawarkan item perawatan rambut seperti Shampo, kondisioner dalam berbagai ukuran unit penyimpanan stok.  Meski menyasar para wanita, Garnier juga menawarkan berbagai macam produk untuk pria yaitu krim Fairness, Lip balm, Face wash yang anti polusi dan produk pemutih insta.  Garnier menawarkan produk yang memenuhi kebutuhan hampir setiap kulit di antara kedua jenis kelamin.


3. Place

Tempat Garnier & Strategi Distribusi:

 Berikut adalah strategi distribusi Garnier:

 Garnier hadir di banyak negara terutama di India, Cina, dan negara Asia lainnya.  Ini menjual produknya melalui jaringan supermarket, toko kosmetik, toko medis dan toko online.  Merek mengikutip sistem distribusi biasa mulai dari produsen ke seluruh penjual hingga pengecer.  Produk Garnier tersedia di hampir setiap pengecer di seluruh negeri di mana konsumen dapat dengan mudah membeli produk tersebut.  Permintaan kosmetik yang tinggi di dunia modern telah membuat Garnier mempertahankan posisinya di pasar.


4. Promotion

Promosi Garnier & Strategi Periklanan:

 Adapun strategi promosi dan periklanan dalam strategi pemasaran Garnier adalah sebagai berikut:

 Garnier selalu mengadopsi teknik promosi paling canggih yang mencakup metode promosi Viral yang sangat populer.  Selain itu, pelanggan setia adalah sumber promosi terbesar yang menciptakan kesadaran dan publisitas tentang produknya dari mulut ke mulut.  Garnier menghabiskan anggaran kuantum besar untuk iklan TV dan internet yang menggunakan model profesional.  Ini juga menjalankan saluran youtube yang mengedarkan video promosi dan kampanye perusahaan kepada pemirsanya di seluruh dunia.  Garnier mempromosikan dirinya melalui media cetak termasuk surat kabar dan majalah populer seperti Femina.  Untuk menarik perhatian generasi muda dan trendi, pihaknya juga melibatkan selebriti Bollywood Kareena Kapoor dalam iklannya di India.  Oleh karena itu, ini menyimpulkan bauran pemasaran Garnier.


Nah itu dia analisis tentang produk garnier! Jadi kita tidak hanya menggunakan produknya saja ya, tetapi juga harus tau pemasarannya seperti apa!🖤

So buat kamu yg uda baca sampai akhir, makasih banyak ya! Semoga bisa menambah ilmu pelajaran kamu!! 

Jangan lupa untuk follow dan komen ya! Dan baca juga artikel saya yang lainnya!🖤





Posting Komentar

0 Komentar